Berita

    Kenali Bahaya Water Hammer & Cara Jitu Mencegahnya

    Apakah mobil Anda pernah mogok ketika melintasi banjir? Jika iya, itu adalah pertanda bahwa mobil Anda sedang mengalami water hammer. Kondisi ini memanglah membutuhkan penanganan serius oleh tenaga teknisi profesional.

    Namun, sebelum membawanya pada tenaga profesional, sebaiknya kenali dulu pengertian, bahaya, serta cara mencegahnya terlebih dahulu melalui informasi pada artikel ini.

    Pengertian Water Hammer

    Suatu kondisi di mana mesin mobil mengalami kematian dadakan diakibatkan oleh rembesan air di dalam ruang bakar yang mana ia telah melewati air intake dan memperoleh tekanan super besar oleh piston di ruang silinder disebut sebagai water hammer.

    Ketika ruang bakar kemasukan air, maka ia tidak dapat dikompresi dengan bahan bakar sehingga akhirnya mengakibatkan kepala silinder dapur pacu serta piston menjadi bengkok, disusul oleh keretakan mesin blok, hingga kematian mesin.

    Kondisi ini tidak hanya ditimbulkan oleh banjir dan tsunami saja, namun juga bisa disebabkan oleh bercampurnya bensin bersama air atau dampak kesalahan pencucian mobil dan cacat bentuk dari pabrik.

    Bahaya Water Hammer

    Kondisi ini sangat berbahaya untuk mesin. Sebab, jika air yang masuk sangat banyak, maka ia tidak dapat dikompresi layaknya bensin. Nah, ketika ia memasuki ruang bakar, maka akibatnya sangat berbahaya sekali yaitu dapat membengkokkan dan memecahkan piston.

    Bengkoknya atau pecahnya piston tersebut terjadi ketika sikluk kompresi di mana piston bergerak dari TMB atau titik mati bawah ke TMA atau titik mati atas. 

    Kemudian, jika ketika ada air ketika siklus kompresi diruang bakar, maka air menjadi keras dan apabila beradu dengan piston maka bisa memberikan efek layaknya di palu, jadi itulah mengapa nama kondisi ini adalah water dan hammer.

    Cara Mencegah Water Hammer

    Namun jangan khawatir, karena terdapat beberapa cara yang bisa Anda praktekkan untuk mencegah kondisi ini. Penasaran apa saja? Sebaiknya jangan lewatkan informasi di bawah ini, ya.

    • Menghindari melaju di jalan tergenang air

    Sebaiknya Anda tidak melewati jalanan yang memiliki genangan air lumayan tinggi, guna mencegah komponen-komponen mesin kemasukan air sehingga dapat menghindari terjadinya water hammer. 

    Kalau Anda memang terpaksa untuk melewati jalanan tersebut, sebaiknya usahakan agar memilih bagian atau jalur yang lumayan dangkal serta tidak melaju terlalu cepat guna mencegah mesin mobil kemasukan air.

    • Menghindari melewati air berarus deras