Berita

    Ketahui Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Tapi Lampu Menyala

    Ketika lampu mobil redup atau bahkan mati, Anda tidak akan merasa heran jika starter mobil juga ikut bermasalah. Namun, jika mobil tidak bisa distarter lampu menyala, Anda pasti bingung sebelah mana kerusakannya terjadi. 

    Karena kedua komponen tersebut sama-sama menggunakan listrik untuk berfungsi. Jadi, pada umumnya apabila ada kerusakan terkait sistem kelistrikan, dampaknya akan berpengaruh pada lampu dan starter mobil. 

    Sebenarnya, kondisi tersebut sangat mungkin terjadi. Anda hanya perlu mencari tahu penyebab mobil tidak bisa distarter meskipun lampu masih bisa menyala. 

    Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Lampu Menyala 

    Jika mesin mobil tidak mau menyala, Anda pasti mengaitkan penyebabnya dengan aki mobil yang bermasalah. Namun ternyata, faktor yang membuat starter mobil tidak berfungsi, cukup beragam. Berikut ini beberapa penyebab mobil tidak bisa distarter. 

    • Kabel Starter Mobil Rusak

    Kabel starter berfungsi untuk memindahkan arus listrik dari baterai atau aki menuju starter. Jika terdapat kerusakan pada kabel starter, maka arus listrik tidak bisa diteruskan dengan lancar dan membuat starter mobil tidak dapat berfungsi. 

    • Solenoid Starter Mobil Rusak 

    Solenoid starter merupakan komponen yang tugasnya yaitu membuka serta menutup sirkuit listrik ketika pengemudi menekan tombol starter. Apabila solenoid ini mengalami kerusakan, mesin mobil sulit untuk dinyalakan. 

    • Alternator Rusak

    Alternator merupakan komponen yang berperan mengisi daya aki saat mesin mobil berjalan. Alternator akan memproduksi arus listrik dan kemudian mengalirkannya ke aki mobil. 

    Hal ini berguna untuk memasok kebutuhan listrik untuk komponen kelistrikan mobil. Seperti lampu, AC, media hiburan, termasuk starter mobil. Alternator yang rusak bisa jadi salah satu hal yang menyebabkan mobil tidak bisa distarter lampu menyala.

    • Busi Bermasalah

    Penyebab mobil tidak bisa distarter juga bisa berasal dari busi. Sebagai komponen yang berperan dalam menghasilkan bunga api untuk pembakaran, busi bisa membuat mobil tidak bisa distarter.

    Busi yang kotor atau sudah rusak akan menghambat terciptanya bunga api yang diperlukan saat pengemudi melakukan starter. 

    Maka apabila mesin mobil Anda sulit dihidupkan, coba cek businya. Bila memang benar kotor, Anda dapat membersihkan dulu busi tersebut, lalu coba starter lagi mesin mobilnya. 

    • Koil Terlalu Panas