Berita

    Ketahui Tips Aman Berkendara Saat Puasa

    Memasuki bulan Ramadhan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan, salah satunya tips berkendara saat puasa. Pasalnya, mobilitas yang padat membuat aktivitas berkendara tetap harus dilakukan meskipun tubuh sedang dalam kondisi berpuasa.

    Hal ini karena berkendara di saat puasa dapat menurunkan konsentrasi akibat tubuh yang lelah, lapar, atau haus. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengemudi untuk menerapkan tips aman berkendara di bulan Ramadhan agar tetap aman dan terhindar dari risiko kecelakaan.

    Berikut Tips Aman Berkendara Saat Puasa di Bulan Ramadhan

    Tidak dapat dipungkiri, berpuasa belasan jam per hari bisa menurunkan konsentrasi seseorang saat berkendara. Sebagai solusi sekaligus untuk mengantisipasi risiko saat sedang mengemudi, berikut ini beberapa tips yang bisa diikuti:

    • Istirahat Cukup

    Jangan memaksakan diri untuk mengemudi saat Anda merasa lelah atau mengantuk. Istirahat yang cukup untuk merilekskan tubuh dan pikiran sebelum berkendara. Jika perlu, Anda bisa berhenti dan beristirahat sejenak saat di tengah-tengah perjalanan.

    • Penuhi Asupan Gizi

    Pastikan Anda sudah makan sahur dengan makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini akan membantu Anda menghindari rasa lapar dan kelelahan saat berkendara. Pasalnya, rasa lelah dan lapar bisa menurunkan konsentrasi ketika berkendara.

    • Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat

    Pastikan kendaraan yang akan Anda pakai dalam kondisi yang baik. Periksa oli, kelistrikan, ban dan lain sebagainya sebelum berkendara. Jangan sampai kendaraan Anda bermasalah di tengah jalan.

    • Hindari Manuver Mendadak dan Kecepatan Tinggi

    Kendalikan manuver dan kecepatan kendaraan. Hindari mengemudi terlalu cepat karena dapat menimbulkan bahaya yang serius. Ingatlah bahwa kecepatan bukanlah segalanya, yang terpenting adalah keselamatan Anda dan pengguna jalan lainnya.

    • Manfaatkan Teknologi

    Untuk memastikan Anda memperoleh rute yang paling cepat dan efisien, sebaiknya manfaatkan teknologi seperti Google Maps. Semakin cepat Anda tiba di tujuan, semakin kurang pula energi dan pikiran yang terkuras akibat berkendara sambil puasa.

    • Tetap Sabar dan Hati-Hati saat Mengemudi

    Salah satu esensi dari berpuasa di bulan Ramadhan adalah untuk menahan hawa nafsu dan kesabaran. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap sabar dan berhati-hati, meskipun kondisi jalan raya kurang kondusif dan membuat emosi ikut terpengaruh.

    • Jaga Konsentrasi