Berita

    Mengenal Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci & Solusinya

    Aksesoris mobil bukan hanya berguna agar membuat kendaraan menjadi semakin keren, tetapi juga mempunyai fungsi khusus. Salah satunya adalah alarm mobil. Namun, bagaimana cara mengatasi alarm mobil tidak bunyi? 

    Dengan fungsi khusus yang dimilikinya sebagai penambah keamanan mobil, tentu masalah ini harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai karena tidak berfungsi, keamanan mobil menjadi tidak terjamin. 

    Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi

    Ketika menekan tombol alarm mobil tidak bunyi, pasti Anda akan bingung dan menyangka bila terjadi kerusakan di sistem. Alih-alih bingung, lebih baik Anda mengenali sejumlah penyebab alarm ini tidak bisa berfungsi dengan baik, berikut selengkapnya:

            1. Baterai Central Lock Habis

    Salah satu hal yang menyebabkan alarm mobil tidak berfungsi adalah baterai central lock yang habis. Untuk mengeceknya, Anda hanya perlu membuka mobil menggunakan kunci secara manual, kemudian melihat apakah baterai lock sudah habis. 

    Baterai yang habis menjadi salah satu penyebab umum alarm tidak berfungsi. Biasanya, hal ini disebabkan karena pengemudi lupa melakukan pengecekan secara berkala. 

            2. Mobil Berada dalam Model Valet

    Alarm bisa diatur dalam mode senyap saat pengemudi menggunakan layanan valet. Pada waktu inilah keamanan mobil harus dilonggarkan karena mobil akan dibawa orang lain untuk diparkirkan. 

    Bila Anda lupa mengubah mode valet atau mode senyap, tentu saja alarm tidak akan menyala saat mobil dikunci. Bahkan, lampu indikator juga tidak menyala saat mengaktifkan mode senyap ini.

            3. Pintu Mobil Terbuka

    Penyebab lain alarm mobil tidak bunyi adalah pintu mobil masih terbuka. Salah satu hal sepele yang sering dilakukan oleh pengemudi tetapi memberikan efek yang cukup besar adalah tidak menutup pintu mobil dengan benar. 

    Ketika pengendara tidak menutup pintu dengan benar, sensor mobil tidak akan mendeteksi secara maksimal karena pintu masih terbuka. Cukup banyak penumpang yang tidak menutup pintu mobil dengan benar dan membuat alarm tidak berbunyi. 

    Hal sepele ini tentu saja membuat panik, padahal dapat diatasi dengan cara pengecekan ulang setiap pintu. Saat mendapati alarm tidak berbunyi, pastikan Anda sudah menutup pintu dengan rapat. 

            4. Kerusakan Pada Sistem Alarm

    Penyebab alarm tidak berbunyi ketika dikunci adalah kerusakan sistem. Alarm mempunyai sejumlah rangkaian sistem yang dapat mengalami kerusakan, contohnya seperti bagian sirine atau module.