Berita

    Silinder Roda Rem Mobil: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya!

    Kendaraan yang tidak memiliki rem sangat berbahaya saat dikendarai. Seperti yang kita ketahui, ada begitu banyak komponen rem, khususnya pada kendaraan roda 4. Salah satu jenis rem yang banyak digunakan mobil sekarang ini adalah rem tromol. Pada rem tromol, terdapat komponen dengan nama wheel cylinder atau silinder roda. 

    Tentu saja wheel cylinder ini memiliki peran yang penting. Tanpa adanya wheel cylinder, tidak ada tenaga yang mampu menggerakkan kampas rem. Lantas seperti apa fungsi hingga komponen yang dimilikinya? 

    Fungsi Penting Silinder Roda

    Pada dasarnya, rem tromol mempunyai sistem yang akan menyalurkan tenaga dari pedal dengan menggunakan tekanan hidrolik. Agar sistem ini mampu bekerja dengan baik, diperlukan komponen wheel cylinder

    Lokasi dari wheel cylinder ini sendiri berada di bagian roda serta menempel di bagian backing plate. Lantas, apa fungsi yang dimiliki wheel cylinder? Wheel cylinder memiliki fungsi untuk meneruskan tekanan hidrolis dari master silinder ke mekanisme rem mobil. 

    Fungsi silinder roda yang lainnya adalah agar dapat mengubah tenaga hidrolik menjadi mekanis, dan membuat kampas rem bergerak. Ketika kampas rem bergerak, tercipta gesekan dan panas. Inilah yang akan memperlambat laju kendaraan. 

    Jumlah dari wheel cylinder yang digunakan pada mobil bergantung dari jenis rem tromol. Terdapat mobil yang menggunakan satu silinder, tetapi ada pula yang menggunakan dua silinder. 

    Komponen Wheel Cylinder 

    Wheel cylinder memang merupakan komponen rem tromol, tetapi terdapat bagian pembentuknya dengan fungsi sama penting. Bila salah satu komponennya lumpuh, hal ini dapat mempengaruhi kondisi wheel cylinder keseluruhan. 

    Bukan hanya itu saja, kinerja rem tromol juga akan terpengaruh. Oleh sebab itu, pastikan mengetahui komponen silinder roda. Berikut sejumlah komponennya, antara lain:

            1. Bleeder Plug

    Komponen yang pertama adalah bleeder plug. Komponen ini merupakan baut yang menjadi bagian wheel cylinder. Bleeder plug digunakan untuk menghilangkan atau membuang angin saat terjebak di saluran hidrolik rem. 

    Tujuan pembuangan angin ini adalah agar tidak terjadi rem blong ketika pengereman. Selain itu angin yang dikompresi tidak boleh ada di saluran minyak rem, karena udara dapat membuat sistem pengereman kurang bekerja dengan optimal.