Berita

    Simak Cara Menghilangkan Bau AC Mobil dengan Mudah

    Untuk menambah kenyaman saat berkendara, salah satu cara yang kerap dilakukan adalah menambahkan pewangi pada bagian AC mobil. Tujuannya adalah agar bau ac mobil menjadi lebih wangi dan segar. 

    Namun apa jadinya jika muncul aroma yang tak sedap di dalam kabin mobil? Tentunya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu penyebab atau sumber bau tersebut agar bisa dicarikan solusi yang terbaik.  

    Penyebab dan Cara Menghilangkan Bau AC Mobil yang Mengganggu

    Munculnya aroma tak sedap pada AC mobil bisa dari berbagai faktor dan jika dibiarkan akan mengganggu kenyaman saat berkendara. Aroma tak sedap yang keluar dari AC mobil mungkin saja berbeda-beda di setiap mobil, tergantung dari faktor pemicunya. 

    Itu sebabnya, untuk mengatasi hal tersebut Anda harus memahami terlebih dahulu apa saja kemungkinan penyebabnya. Berikut beberapa faktor penyebab munculnya bau AC yang tak sedap pada mobil dan cara mengatasinya. 

    Penyebab AC Mobil Bau 

    Sebelum mencari cara menghilangkan bau ac mobil, terlebih dahulu kenali penyebab munculnya bau tak sedap pada mobil. Berikut ini beberapa faktor yang membuat aroma AC menjadi tak sedap. 

            1. Filter Kotor

    Debu dan kotoran yang menumpuk pada filter AC mobil yang tidak dibersihkan akan menimbulkan jamur. Jamur inilah yang menyebabkan timbulnya aroma tak sedap ketika AC mobil dinyalakan.  

            2. Freon AC Hampir Habis

    Bau AC mobil yang tak sedap bisa disebabkan karena freon AC mulai menipis. Beberapa tanda yang menyertai freon AC yang hampir habis diantaranya adalah AC menjadi tidak dingin, hanya keluar angin dan kompresor yang tidak berhenti bekerja. 

            3. Evaporator Berjamur

    Kondisi kabin yang jarang dibersihkan akan membuat kotoran dan debu masuk ke bagian evaporator AC sehingga menjadi berjamur. Jamur pada evaporator yang menumpuk akan menimbulkan bau pesing ketika AC mobil dinyalakan. 

            4. Grill Kotor

    Salah satu komponen bagian dashboard berbentuk ventilasi yang disebut grill juga akan menimbulkan aroma tak sedap pada AC mobil jika tidak dibersihkan.  

            5. Parfum Mobil Habis

    Pengharum AC mobil yang sudah habis tapi tidak diganti  juga akan menimbulkan aroma yang tak sedap pada kabin mobil.