Berita

    Ternyata Ini Fungsi Ground Clearance Pada Mobil

    Penggunaan istilah ground clearance di dunia otomotif merujuk pada sebuah ruang mobil. Ruang tersebut berada di bawah body kendaraan yang paling dekat dengan tanah. Ruang ini kemudian diukur untuk mengetahui berapa tingginya, apakah dekat dengan tanah atau jauh.

    Lalu apa sih fungsi dari mengukur ruang tersebut pada mobil? Untuk lebih jelasnya silahkan Anda simak artikel ini sampai selesai.

    Penjelasan Singkat Tentang Ground Clearance

    Mengukur komponen di bawah body yang dekat dengan tanah pada mobil sangat penting. Salah satu tujuannya yaitu agar Anda bisa mengetahui karakteristik dari mobil tersebut, mengetahui performanya, handling dan juga mengetahui ketangguhannya di medan jalan.

    Manakah yang lebih baik? Mobil dengan tipe jarak body ke tanah yang pendek atau yang tinggi? Untuk menilai mana yang terbaik, sebenarnya keduanya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

    Ukuran ground clearance rendah umumnya memiliki performa bagus saat melaju di jalan datar. Ukuran yang rendah juga cocok untuk kendaraan yang memiliki kecepatan tinggi. Minusnya, mobil dengan tipe ini tidak cocok untuk medan yang berat.

    Di sisi lain, area body mobil yang lebih tinggi dari tanah cocok di medan berat dan tidak mudah merusak sasis. Namun minusnya, mobil tipe ini berisiko mengalami rollover.

    Apa Fungsinya?

    Sebenarnya fungsi dari ukuran ruang di bawah body ke tanah pada mobil ini tergolong penting. Adapun fungsi-fungsinya di antaranya seperti:

    1.  Mencegah Masuknya Air ke Dalam Mesin

    Dengan mengetahui jarak body bawah mobil dengan tanah, Anda bisa mengetahui posisi mesin mobil. Semakin rendah ukurannya, maka semakin tinggi potensi mesin tersebut kemasukan air.

    Air dapat dengan mudah ke dalam filter udara dan sistem pelumasan. Artinya, Anda bisa menilai apakah mobil ini cocok atau tidak dengan medan yang biasa Anda lewati. Karena jarak yang terlampau pendek ini tidak cocok untuk medan yang sering banjir dan tidak rata.

    2.  Meningkatkan Kenyamanan dan Keamanan di Berbagai Medan

    Ukuran yang ideal pada ruang paling rendah mobil berfungsi untuk keamanan dan kenyamanan berkendara. Mobil dengan ruang bagian bawah body yang tinggi sangat nyaman digunakan untuk jalanan dalam kondisi apapun.

    Di sisi lain, mobil juga akan bergerak lebih fleksibel jika ukurannya tidak terlalu rendah. Ukuran yang ideal juga nyaman digunakan untuk medan jalan yang kurang rata. Selain itu, mobil pun akan awet karena terhindar dari benturan yang terlalu keras.

    Berapa Ukuran yang Ideal?