Berita

    Tips Berkendara Saat Hujan agar Mengurangi Risiko Kecelakaan

    Menjaga keselamatan saat berkendara menjadi hal utama yang harus diperhatikan oleh sesama pengguna jalan. Terutama saat musim hujan tiba, kondisi jalan yang basah dan licin membutuhkan cara berkendara yang khusus serta harus mengurangi laju kendaraan. 

    Lalu, bagaimana caranya agar terhindar terhindar dari kecelakaan dan berapakah idealnya batas kecepatan berkendara saat hujan? Berikut ulasannya. 

    Hindari Ngebut! Ini Batas Ideal Kecepatan Berkendara Saat Hujan

    Tingkat kecelakaan yang terjadi saat musim hujan masih tergolong tinggi. Itu sebabnya, semua pengguna jalan dihimbau untuk selalu berhati-hati ketika berkendara. 

    Ini mungkin menjadi tantangan tersendiri karena ada sebagian orang yang justru ingin cepat sampai tujuan sehingga memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. 

    Dilansir dari laman Resmi Mitsubishi, menurut Rifat Sungkar batas ideal kecepatan berkendara saat hujan adalah tidak boleh dari 30 km/jam. 

    Selaku Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, Rifat Sungkar juga menjelaskan tentang cara aman berkendara di jalan tol saat hujan deras. 

    Jika pada saat hujan deras tersebut visibilitas sangat buruk, maka batas maksimum kecepatan berkendara yang paling aman adalah antara 50-60 km/jam. Intinya, pastikan untuk menyesuaikan laju kendaraan dengan kondisi lalu lintas saat itu. 

    Tips Mengemudi Saat Hujan

    Berkendara saat cuaca sedang buruk membutuhkan konsentrasi yang lebih tinggi dan juga pengetahuan yang cukup agar terhindar dari potensi celaka. 

    Pengetahuan tersebut berupa informasi seputar tips cara berkendara yang aman dan nyaman saat hujan deras serta mengetahui berapa batas kecepatan berkendara saat hujan baik saat di jalan umum maupun di jalan tol. 

    Beberapa tips aman mengemudi yang patut Anda aplikasikan saat hujan deras adalah sebagai berikut. 

            1. Kurangi Kecepatan

    Hal pertama yang harus selalu diingat adalah batas berkendara ketika kondisi jalan basah dan licin akibat hujan. Khususnya saat cuaca buruk, Anda harus mengemudi dengan pelan dengan batas kecepatan yang rendah. 

    Cara ini akan membuat alur ban yang bersentuhan dengan aspal secara langsung, sehingga memiliki daya cengkram ban yang lebih bagus. 

    Jangan lupa untuk selalu mengecek speedometer agar laju mobil Anda tidak melewati batas ideal kecepatan berkendara saat hujan.