Berita

    Tips Mengatasi Kabel Kopling Mobil Saat Putus Di tengah Jalan

    Risiko yang harus dihadapi oleh pengendara mobil manual adalah ketika tidak bisa mengoper persneling. Salah satu faktor penyebab terjadinya hal ini adalah kabel kopling mobil yang putus. Apa jadinya jika hal tersebut terjadi saat berada di jalan raya yang padat?

    Mobil dengan transmisi manual masih ada yang komponen kabel koplingnya terbuat dari sling baja. Jika komponen yang satu ini tidak dirawat dengan baik, maka ada kemungkinan tiba-tiba putus di tengah perjalanan. 

    Lalu, bagaimana cara mengatasi hal tersebut dan apa saja ciri-ciri jika kabel kopling hendak putus? Temukan informasi lengkap seputar kabel kopling di bawah ini. 

    Ciri Kabel Kopling pada Mobil yang Akan Putus

    Kabel kopling merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang harus dirawat dengan sebaik-baiknya. Namun, letaknya yang ada di dalam bodi mobil membuatnya sering terabaikan sehingga pengguna tidak menyadari ketika ada kerusakan pada kopling.

    Sebenarnya, Anda bisa saja mengetahui adanya pertanda bahwa kabel kopling akan putus. Setidaknya terdapat dua ciri yang dirasakan ketika hal tersebut terjadi, yaitu:

            1. Lebih Longgar Saat Ditekan

    Ciri pertama yang bisa dirasakan oleh pengemudi adalah ketika akan menekan pedal kopling seakan lebih longgar atau kosong tanpa ada tekanan berat sama sekali.  

            2. Tidak Elastis atau Terasa Berat

    Ciri kedua jika kabel kopling mobil adalah terasa lebih berat seperti ada yang menahan beban kopling. 

    Untuk mengetahui apakah kondisi kabel kopling masih baik atau perlu diganti, sebenarnya bisa melakukan pemeriksaan secara manual. Namun, pastikan hal tersebut dilakukan oleh teknisi atau orang yang ahli di bidang otomotif. 

    Cara Mengatasi Kabel Kopling Putus

    Ketika kabel kopling mobil tidak berfungsi saat masih berada di tengah jalan memang bisa membuat siapa saja panik. Saat kabel kopling putus, terdapat empat cara yang bisa dilakukan Keempat cara tersebut diantaranya adalah: 

            1. Segera Berhenti

    Pada saat Anda merasa ada tanda-tanda kabel kopling yang putus saat menginjak pedalnya, maka segeralah berhenti di pinggir jalan dan matikan mesin mobil terlebih dahulu. 

            2. Pindah ke Tuas Gigi 2

    Kemudian, pindahkan tuas gigi (persneling) namun jangan di posisi 1, melainkan langsung pada posisi 2. Sebab, jika tuas persneling tersebut dimasukkan pada posisi 1, maka besar kemungkinan mobil justru akan lebih sulit untuk dinyalakan.