Berita

    3 Penyebab Aki Mobil Cepat Panas

    Aki mobil panas sangat membahayakan bagi siapa pun yang berada di dekat kendaraan ataupun mesin kendaraan. Sebab, baterai mobil dapat meledak dan mengirimkan cairan asam baterai ke seluruh kabin mobil. Jika Anda menghirupnya, bisa membahayakan bagi kesehatan. 

    Maka, ketika Anda mulai mencium bau tidak sedap serupa telur busuk, segera cek bagian aki mobil. Bila ternyata aki sudah dalam kondisi membengkak atau mengeluarkan asap, artinya aki mobil tengah kepanasan. 

    Alasan Mengapa Aki Mobil Panas

    Bila Anda rajin melakukan perawatan kendaraan dengan tepat termasuk bagian baterainya, kondisi aki yang memanas karena terlalu lama dipakai akan bisa dihindari. Anda pun akan mengetahui sejak dini bila ada masalah di bagian aki. 

    Namun, untuk memastikan apa saja yang bisa mengakibatkan aki menjadi panas, berikut ulasan mengenai penyebab aki mobil panas. 

            1. Alternator atau Regulator Tegangan Rusak

    Alternator bertanggung jawab untuk mengisi kembali baterai mobil. Bila alternator mulai bermasalah, kemungkinan akan mengirimkan terlalu banyak tegangan ke bagian aki yang membuatnya panas serta membengkak. 

    Usai mengetahui alternator mengalami kerusakan, dan mencegah kerusakan yang lebih parah, segera bawa kendaraan ke bengkel resmi untuk memperoleh penanganan. Pasalnya, mengemudi dengan kondisi alternator yang rusak bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen listrik lainnya. Aki pun bisa mati total nantinya. 

    Di sisi lainnya, ada regulator tegangan yang berfungsi untuk memastikan aliran tegangan terkirim secara konstan ke aki mobil. Tanpa adanya komponen ini, alternator bisa mengisi daya ke baterai secara berlebihan. Pada akhirnya, pengisian daya yang berlebihan dapat menyebabkan panas berlebih dan mulai mendidihkan larutan elektrolit di dalam baterai.

            2. Kondisi Aki Mobil Lemah

    Aki mobil yang panas bisa jadi disebabkan karena kondisinya yang mulai melemah. Bila aki hampir habis, alternator harus bekerja ekstra untuk memastikan baterai tetap terisi daya seperti dalam kondisi normal. Pengisian daya yang konstan inilah yang mengakibatkan aki menjadi terlalu panas. 

    Namun, bila itu yang menjadi masalahnya, lampu aki yang ada di dashboard mobil akan memberikan tanda, agar Anda dapat memeriksa atau menggantinya sesegera mungkin. 

    Untuk mencegah hal yang bisa memperparah kondisi baterai mobil, lakukan pemeriksaan terlebih dahulu di semua komponen mesin yang terhubung dengan bantuan mekanik ahli. Kemudian, minta saran dan lakukan penggantian jika diperlukan.