Berita

    Cara Memastikan Rem Mobil Masih dalam Kondisi Optimal

    Rem mobil merupakan komponen vital yang kinerjanya wajib diperhatikan oleh Anda. Komponen ini juga wajib untuk rutin dilakukan pemeriksaan agar ketika kendaraan Anda digunakan, rem tidak menimbulkan masalah yang akan membahayakan nantinya,

    Anda tidak mungkin ingin hal ini terjadi, bukan? Maka dari itu, perhatian cara merawat rem dengan baik dan memastikan jika kondisinya optimal untuk digunakan.

    Cara Pastikan Rem Mobil Berfungsi Optimal

    Memastikan kondisi rem pada mobil Anda akan bekerja optimal dapat dilakukan secara mandiri. Sebelum terjadinya kerusakan lebih parah, ada baiknya jika Anda memastikan kondisi rem Anda dengan cara ini:

    • Pastikan Kondisi Kampas Rem

    Bagian pertama yang dapat Anda lakukan untuk memastikan apakah rem kendaraan mobil Anda berfungsi optimal adalah kondisi komponen kampas rem. Biasanya, masalah akan datang jika kampas rem sudah mulai berkurang ketebalannya atau tipis.

    Jika Anda menemukan masalah ini, segera bawa mobil Anda ke bengkel resmi dan terbaik untuk penggantian kampas rem. Namun, jika kondisi kampas masih cukup aman, Anda hanya perlu rutin bersihkan kampas.

    • Perhatikan Kondisi Piringan Cakram

    Komponen kedua adalah kondisi piringan cakram pada rem yang wajib dipastikan kondisinya. Idealnya, piringan cakram rem wajib memiliki kondisi yang rata dan tidak aus dalam satu sisi.

    Periksa piringan cakram rem kendaraan Anda dan periksa apakah piringan cakram mengalami aus atau tidak. Biasanya, kondisi-kondisi ini wajib diperiksa ketika mobil Anda mencapai 20.000 km sekali.

    • Mengganti Rutin Minyak Rem

    Terakhir, pastikan Anda untuk melakukan pemeriksaan kondisi minyak rem pada tangki mobil Anda. Disarankan untuk mengganti minyak rem setiap 40.000 km sekali dan lakukan pemeriksaan rutin seminggu sekali tidak hanya untuk komponen rem saja.

    Memeriksakan dan mengganti minyak rem secara rutin banyak manfaatnya. Misal, menjadi cara ampuh untuk mencegah sesuatu komponen bertambah rusak parah. 

    Ciri Kondisi Rem Sudah Tidak Optimal

    Memastikan kondisi rem mobil dengan memerhatikan komponen kampas, piringan cakram dan minyak rem jadi cara terbaik untuk mencegah rem cepat rusak. Namun, bagaimana Anda dapat mengetahui apabila kondisi rem tidak optimal? Inilah ciri-ciri kondisi rem sudah tidak baik:

    • Rem Menghasilkan Suara Berdecit

    Pertama, jika rem kendaraan Anda menghasilkan suara berdecit ketika diinjak maka itu salah satu tanda ada masalah pada komponen ini. Rem yang berdecit berarti bahwa kampas rem kendaraan Anda sudah habis dan wajib diganti.

    Biasanya Anda familiar dengan suara berdecit ini karena suara yang ditimbulkan cukup jelas seperti suara gesekan besi atau logam. Maka dari itu, Anda wajib waspada ya!

    • Menekan Terlalu Dalam Pedal Rem

    Ciri kedua adanya masalah pada rem kendaraan Anda adalah ketika mobil Anda berhenti tapi harus menekan rem terlalu dalam. Biasanya hal ini terjadi pada rem ban mobil bagian belakang. Masalahnya tetap sama, yaitu kampas rem yang sudah aus dan wajib diganti.

    • Rem Tidak Pakem

    Rem menjadi tidak pakem lagi sudah menjadi ciri paling jelas yang menandakan bahwa terdapat masalah pada rem kendaraan Anda. Jika hal ini terjadi, Anda tidak boleh menunda untuk mengganti komponen rem agar dapat bekerja secara optimal.

    Karena jika Anda membiarkan rem tidak pakem terus menerus, maka kemungkinan terjadi kecelakaan karena rem “blong” akan semakin besar. Agar hal ini tak terjadi, segeralah untuk menggantinya.

    • Pedal Rem Bergetar

    Ciri adanya masalah pada rem kendaraan adalah kondisi pedal rem yang bergetar saat diinjak. Hal ini disebabkan oleh piringan cakram yang sudah tidak rata dan kampas rem yang sudah habis. Kondisi pedal rem yang bergetar akan mengganggu kenyamanan dan keselamatan pengemudi.

    Kesimpulannya, cara memastikan rem mobil dalam kondisi yang optimal adalah melakukan pemeriksaan rutin dan wajib mengenali ciri-ciri jika ada masalah. Anda dapat melakukan pengecekan rutin pada bengkel resmi dan terpercaya seperti Suzuki.