Berita

    Ketahui Komponen Mobil Yang Rusak Setelah Melewati Lubang

    Tidak hanya dapat membuat perjalanan terasa kurang nyaman, melintasi jalan yang berlubang juga beresiko memberikan kerugian yang besar bagi pengendara. Pasalnya, mobil yang sering menghantam lubang, akan berpotensi mengalami kerusakaan pada beberapa komponen. 

    Komponen mobil rusak melewati lubang paling banyak dialami oleh ban dan pelek, namun komponen lain pun bisa kena dampaknya.

    Komponen Mobil Rusak Melewati Lubang

    • Ban Mobil

    Ban adalah salah satu komponen dari mobil yang bersentuhan langsung dengan aspal jalan raya. Oleh karena itu, tidak usah kaget jika ban kerap kali rusak setelah melewati beberapa jalan berlubang.

    Kerusakan yang sering dialami oleh ban yaitu, kulit ban mengelupas, bocor, benjol, sobek atau yang paling parah bisa menyebabkan ban itu pecah. Ini disebabkan lubang jalan yang bertekstur keras menabrak permukaan ban, sehingga permukaan itu menggores kulit ban.

    Bagi ban yang bocor atau sobek masih bisa diperbaiki. Namun sangat beresiko jika ban itu memiliki benjolan atau jika kawat penyangga dalam ban tapaknya terkelupas. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya pastikan tekanan angin pada ban mobil Anda terjaga untuk agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

    • Pelek

    Ban dan pelek menjadi komponen yang tak dapat dipisahkan. Jika ban dapat terkena dampak dari jalan yang berlubang, begitu pula pelek.

    Guncangan saat ban melewati jalan berlubang dapat membuat pelek retak, bengkok, bahkan paling parah pecah. Pelek di ban ini jika rusak dapat tidak dapat menyegel tekanan angin pada ban dengan baik.

    Jika terjadi masalah yang seperti ini, jelas akan membuat kinerja ban tidak dapat bergulir dengan baik dan dapat membahayakan keselamatan pengendara. Solusi untuk masalah ini, jika pelok retak atau pecah, segeralah mengganti ban di tempat penjualan ban.

    • Komponen Kaki-Kaki

    Komponen kaki-kaki pada mobil adalah komponen bagian bawah pada mobil. Tidak hanya ada roda dan pelek, di komponen ini juga terdapat suspensi, tie rod, ball joint, bushing, serta bearing.

    Karena letaknya di bawah mobil, otomatis komponen mobil rusak melewati lubang jalanan. Hentakan yang keras dapat membuat ketidakselarasan roda, sambungan pada ball joint patah, serta kerusakan pada sistem kemudi.

    • Suspensi

    Suspensi pada mobil diciptakan untuk mengurangi dampak guncangan, tetapi ada batasan tertentu yang membatasi tekanan yang diterima. Hantaman yang sangat keras dapat mempengaruhi kinerja suspensi ini.