Berita

    Cara Menginjak Kopling Mobil yang Benar

    Kopling mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi sebuah mobil. Di samping itu, komponen ini serba guna dan memberikan manfaat besar bagi pengemudi.

    Fungsi kopling yang paling utama adalah menghentikan aliran tenaga dari mesin ke poros penggerak. Gerakan ini memungkinkan pergantian persneling mobil. Tanpa adanya kopling, mesin mobil mati saat berada di posisi gigi rendah.

    Cara Tepat Menginjak Kopling Mobil

    Pada perangkat kopling, salah satu shaft terhubung pada mesin dan unit power lainnya. Sementara itu, shaft lainnya memberikan power output agar bisa bekerja maksimal. Gerakan yang biasa muncul pada kopling adalah gerakan rotasi.

    • Pastikan Kopling di Tekan Secara Penuh

    Banyak orang memiliki kebiasaan buruk saat mengemudi dengan sering menempatkan kaki mereka di pedal kopling. Padahal kebiasaan ini dapat merusak sistem kopling karena menyebabkan gesekan yang berlebihan dan mengakibatkan keausan.

    Perilaku ini sangat berbahaya bagi kesehatan kopling dan dapat mengakibatkan pelat tekanan menjadi terkompresi.

    Ketika Anda berkendara, penting untuk tidak menggunakan kopling sebagai pijakan kaki. Saat mengemudi, pastikan untuk selalu menekan pedal kopling sepenuhnya atau bahkan lebih baik, jangan menyentuhnya sama sekali jika Anda ingin kopling awet dan performanya bagus.

    • Jangan Injak Rem dan Kopling Berbarengan

    Menginjak rem dan kopling secara bersamaan merupakan tindakan yang sebaiknya dihindari. Saat ingin berhenti atau memperlambat mobil, sebaiknya gunakan kopling hanya saat akan mengganti gigi.

    Tindakan ini dapat mengurangi tingkat perlambatan yang berlebihan dan mengurangi potensi kecelakaan.

    • Gunakan Rem Tangan Saat di Tanjakan

    Saat mobil berhenti di sebuah tanjakan dan ingin melanjutkan perjalanan, rem tangan dapat menjadi pilihan yang baik. Pastikan Anda tidak menggunakan tenaga kopling agar posisi mobil tetap berada dalam kondisi baik.

    Jika Anda menekan kopling, mobil akan kehilangan tenaga yang optimal untuk bergerak maju tanpa terjadi lompatan yang tidak diinginkan. Selain itu, saat menekan kopling di medan seperti ini, semua beban akan ditanggung oleh kopling.

    Anda juga dapat sedikit meningkatkan RPM dan melepaskan kopling mobil secara perlahan. Penggunaan rem tangan secara bertahap akan meningkatkan akselerasi. Dengan berlatih dan memiliki pengalaman berkendara yang cukup, Anda akan dapat menguasai teknik penggunaan throttle ini.

    • Jangan Lakukan Engine Brake