Berita

    Ketahui Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi

    Umumnya, aktivitas yang dilakukan pengendara saat masuk ke mobil adalah meletakkan tangan di tuas persneling, kemudian kaki langsung menginjak pedal kopling. Saat mesin hidup serta siap melaju, tuas harus pindah di posisi gigi 1. 

    Dengan pijakan pedal gas, mobil secara perlahan akan bergerak. Namun, bagaimana jika gigi persneling tidak bisa pindah? Ketika gigi persneling tidak dapat berpindah, tentu mobil tidak bisa berjalan. 

    Bila sudah masuk di gigi tertentu, kendaraan akan berjalan menggunakan posisi gigi tersebut. Sebenarnya, apa yang menyebabkan gigi persneling ini tidak bisa pindah? 

    Penyebab Gigi Persneling Tidak Bisa Pindah

    Berikut beberapa penyebab gigi persneling tidak mau pindah, antara lain:

            1. Free Play Kopling yang Besar

    Masalah gigi persneling tidak bisa pindah sebenarnya sering muncul pada mobil dengan transmisi manual. Di beberapa kasus, mesin yang sudah mati dapat memindah persneling dan akhirnya masuk di posisi 1, 2, hingga 3. 

    Sedangkan, ketika mesin hidup, perpindahan gigi akan sangat keras bahkan sulit masuk, atau tidak dapat pindah ke gigi mana saja. Masalah seperti ini tentu akan sangat mengganggu. Jika dipaksakan, gigi percepatan transmisi akan rusak dan mengeluarkan bunyi kasar ketika berjalan. 

    Cara menangani masalah tersebut sebenarnya mudah. Masalah ini dapat muncul disebabkan karena stelan gerak bebas atau free play yang begitu besar. Bila penyebab persneling tidak dapat pindah gigi karena masalah ini, Anda hanya perlu melakukan penyetelan ulang. 

    Penyetelan ulang ini bisa dilakukan dengan cara mengatur baut adjuster agar dapat memperkecil free play yang dimilikinya. Untuk melakukan penyetelan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai sistem penggerak kopling yang biasanya ada pada kendaraan. 

            2. Kanvas Kopling yang Semakin Tipis

    Gigi persneling tidak bisa pindah juga bisa disebabkan karena kanvas kopling yang semakin tipis. Gejala awal dari masalah ini biasanya mobil akan dapat berjalan saat gas diinjak lebih dalam atau ketika putaran mesin menjadi lebih tinggi. 

    Bila hal ini sudah terjadi, lebih baik ganti kanvas kopling sesegera mungkin sehingga dapat berkendara dengan aman dan nyaman. Harga satu set komponen kanvas kopling ini mulai dari Rp700 ribuan. 

            3. Fluid Master Kopling Mengalami Kebocoran