Berita

    Featured Image

    Selalu Perhatikan Bagian Ini agar Kenyamanan Mobil Tetap Terjaga

    Sebagai pengemudi, sudah seharusnya jika Anda lebih memperhatikan semua bagian kenyamanan pada mobil. Sebab, bagian-bagian tersebut akan menentukan pengalaman dan kepuasaan saat berkendara. 

    Bahkan bila diperlukan, komponen yang membuat nyaman tersebut lebih ditingkatkan lagi performanya. Lantas, apa saja bagian mobil yang perlu diperhatikan agar pengalaman berkendara semakin menyenangkan? Berikut informasinya.   

    Bagian Kenyamanan Pada Mobil yang Memengaruhi Pengalaman Berkendara

    Salah satu poin penting yang jadi bahan pertimbangan ketika akan membeli mobil adalah kenyamanan yang ditawarkan. 

    Tentunya, semakin nyaman kendaraan tersebut saat digunakan maka semakin lancar pula perjalanan Anda. Berikut beberapa bagian kenyamanan dari mobil yang perlu diperhatikan. 

    1. Jok Mobil

    Komponen pertama yang membuat betah berkendara adalah kursi atau jok mobil. Itu sebabnya, atur posisi jok  mulai dari sandaran, jarak jok dengan kemudi, dan ketinggian agar bisa menopang tubuh Anda dengan baik. 

    Selain itu, pastikan bahwa bagian ini terbuat dari bahan yang nyaman dan berkualitas serta sesuai dengan yang Anda butuhkan. Misalnya, jok mobil terbuat dari bahan kulit sehingga mudah dibersihkan sekaligus memberikan kesan mewah. 

    Bila perlu, ganti dengan yang baru jika bantalan jok mulai kempes dan terasa tidak nyaman. 

    1. Ban Mobil

    Bagian kenyamanan pada mobil yang satu ini merupakan komponen yang bersentuhan dengan permukaan jalan secara langsung. Itu sebabnya, Anda harus memastikan kondisi ban dalam keadaan baik sebelum berkendara. 

    Ini dikarenakan bagian ini peranan penting untuk performa, keselamatan, dan kenyamanan saat berkendara. Untuk itu, pastikan memilih jenis ban yang spesifikasi dan ukurannya sesuai dengan kendaraan yang dimiliki. 

    Selain itu, jangan lupa untuk mengecek tekanan angin pada ban secara berkala dan pastikan telah sesuai dengan standar pabrikan. 

    Dengan menjaga kesehatan ban membuat kestabilan kendaraan tetap terjaga sekaligus membuat bahan bakar menjadi lebih irit. 

    1. Kabin Mobil

    Selain jok, ruang kabin juga menjadi salah satu bagian kenyamanan pada mobil yang harus diperhatikan. Sebab, suasana dalam ruang kabin yang bersih dan sejuk secara otomatis akan membuat perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan. 

    kabin mobilPixabay

    Untuk itu, jagalah agar kabin mobil selalu bersih, bila perlu tambahkan pengharum ruangan dengan aroma yang alami dan menyegarkan.  

    1. Sistem Audio

    Melakukan perjalanan kurang seru jika tidak sambil mendengarkan berita atau musik. Untuk itu, pastikan sistem audio pada mobil Anda bisa berfungsi dengan baik. 

    Bila perlu, tingkatkan performanya dengan yang lebih canggih jika mulai tidak berfungsi dengan baik.

    1. Suspensi

    Komponen ini memiliki peranan penting dalam meredam guncangan dan getaran saat mobil melaju, terutama di jalan yang rusak, bergelombang, atau tidak rata. Untuk itu, pastikan suspensi dalam kondisi optimal dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. 

    Apabila ditemukan bushing yang telah aus, kebocoran oli pada shock absorber, dan lain sebagainya. Sebaiknya segera lakukan penggantian komponen yang rusak tersebut lalu lakukan spooring and balancing

    1. AC Mobil

    Selain menjaga kebersihan, ruang kabin yang sejuk juga menjadi bagian kenyamanan yang harus diperhatikan. Itu sebabnya Anda harus bisa mengatur suhu kabin sesuai kondisi, jangan terlalu dingin atau terlalu panas. 

    Tidak hanya itu, perhatikan pula kebersihan sistem pendingin atau AC mobil dengan cara mengecek filter udara. Bila filter telah bersih namun udara tetap tidak dingin, kunjungi dealer atau bengkel AC. 

    Mintalah teknisinya untuk mengecek freon AC mobil dan isi atau tambahkan freon jika memang dibutuhkan. 

    Selain keenam bagian tersebut, masih ada komponen lainnya yang memengaruhi kenyamanan saat berkendara. Misalnya saja kaca dan penutup jendela, rem, per mobil, kualitas oli, kondisi aki, dan lain sebagainya.