Berita

    Washer Mobil: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

    Pada perlengkapan mobil, terdapat wiper yang terletak di kaca bagian depan dan belakang mobil. Untuk memaksimalkan kinerjanya, diperlukan sistem washer. Wiper memang dapat bergerak tanpa air sekalipun. Namun fungsi washer dibutuhkan untuk meringankan beban kerja wiper.

    Fungsi Washer pada Mobil

    Sistem washer umumnya ada di kaca bagian depan mobil. Tetapi sebagian mobil telah diperbarui dengan sistem washer yang terdapat di bagian kaca belakang juga. Wiper ini nanti akan meningkatkan kualitas kebersihan kaca dengan menyemprotkan cairan pembersih kotoran.

    Wiper memang mampu bergerak tanpa adanya sistem washer ini. Namun, hasil yang didapatkan membuat kaca tidak terlalu bersih. Maka dari itu, kinerja washer ini harus tetap diperhatikan meskipun terlihat tidak penting daripada perlengkapan lainnya. 

    Cara Kerja dari Komponen Washer Mobil

    Washer mobil memiliki berbagai macam komponen yang terkoordinasi. Output dari sistem ini adalah sebuah cairan fluida yang mampu mengangkat kotoran membandel. Komponen dan cara kerjanya akan dijelaskan pada penjelasan berikut ini.

    1. Cairan Pembersih

    Cairan pembersih akan dimasukkan ke dalam komponen yang disebut dengan tangki washer. Cairan ini diformulasikan dengan bahan tertentu untuk tetap menjaga kualitas wiper terutama pada bagian karet blade.

    Cairan ini biasanya diformulasikan dengan detergen, zat anti karat dan zat anti beku. Zat tersebut memiliki fungsi masing-masing sehingga Anda harus lebih selektif dalam memiliki cairan pembersih dan hindari hanya menggunakan air saja.

    2. Tangki Washer

    Dalam sistem washer, tangki washer memiliki fungsi sebagai wadah untuk meletakkan cairan pembersih. Terdapat berbagai macam bentuk yang telah disesuaikan dengan tempat yang disediakan mobil.

    Hindari untuk membiarkan tangki washer dalam keadaan kosong. Hal ini dikarenakan akan terjadi kerusakan pada motor water saat digunakan dalam keadaan tersebut. Maka dari itu, Anda harus sesering mungkin memeriksa isi tangki washer.

    3. Motor Washer

    Untuk mengaktifkan sistem washer, tentunya diperlukan sebuah mesin untuk memompa cairan pembersih menuju kaca mobil. Mesin ini disebut dengan motor washer.